Satelit Palapa-D Indosat Menuju Angkasa

Stasiun Pengendali Indosat di Jatiluhur (rou/inet)

Xichang, China – PT Indosat Tbk (Indosat) berhasil meluncurkan Satelit Palapa-D, pada Senin pukul 17:28 waktu setempat atau 16:28 WIB dari tempat peluncuran satelit di Xichang, China.

Harry Sasongko, President Director & CEO Indosat mengatakan, pihaknya bersyukur kepada Tuhan YME atas berhasilnya peluncuran satelit Palapa-D dalam kondisi cuaca yang sangat mendukung sehingga proses peluncuran berjalan dengan lancar.

“Peluncuran Satelit Palapa-D ini kami persembahkan bagi bangsa dan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai wujud dan semangat menyatukan cinta kepada negeri melalui teknologi dan layanan telekomunikasi satelit, yang akan menjamin keterhubungan antar wilayah di seluruh Indonesia dan menghubungkan Indonesia ke berbagai penjuru dunia,” tuturnya usai menyaksikan peluncuran di Xichang, China.

Satelit Palapa-D diproduksi oleh Thales Alenia Space France (TAS-F) yang ditunjuk oleh Indosat sebagai mitra pengadaan. Dengan menggunakan platform Thales Alenia Space Spacebus 4000B3, Satelit Palapa-D digaransi akan beroperasi selama 15 tahun.

Kapasitas satelit ini juga lebih besar dibandingkan Palapa-C2, yaitu 40 transponder yang terdiri dari 24 standar C-band, 11 extended C-Band serta 5 Ku-band, dengan jangkauan mencakup Indonesia, negara-negara ASEAN, Asia Pasifik, Timur Tengah dan Australia. Saat diluncurkan satelit Palapa-D memiliki berat 4100 kg dan tenaga payload sebesar 6 Kw.

“Satelit Palapa-D ini juga merupakan wujud komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik dan berkesinambungan bagi pelanggan pengguna layanan satelit. Seperti halnya Satelit Palapa-C2, Satelit Palapa-D juga akan kami manfaatkan sebagai backbone untuk mendukung layanan Indosat lainnya seperti seluler, telepon tetap dan data tetap,” tambah Harry dalam keterangan tertulisnya.

Layanan dari Satelit Palapa-D yang disediakan Indosat antara lain adalah Transponder Lease untuk layanan broadcasting dan cellular backhaul sebagai basic service, VSAT service, DigiBouquet dan Telecast Service sebagai nilai tambah yang semuanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan korporasi dalam komunikasi data dan broadcasting.

Layanan satelit ini melengkapi dan memberikan nilai tambah dari layanan jaringan terestrial dan komunikasi voice dan data yang telah dijalankan Indosat selama ini. Di samping itu, Indosat juga mengembangkan layanan data dan Internet Broadband via Satellite yang mampu menjangkau semua wilayah bahkan yang tidak tercakup jaringan terestrial.

Segmen pelanggan yang memanfaatkan layanan ini antara lain broadcaster televisi/radio baik lokal, nasional dan internasional, penyedia jasa VSAT lainnya, ISP, dan korporasi sebagai pengguna langsung, serta Indosat Grup sendiri (seluler, fixed telecommunication dan anak perusahaan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: