Satelit Palapa D Indosat Keluar Orbit

CHINA – Satelit Palapa D milik Indosat yang berhasil meluncur dari China sempat dikabarkan keluar dari orbit yang ditentukan.

Dilansir melalui Reuters, Selasa (1/9/2009), satelit yang diterbangkan dengan menggunakan roket Long March 3B ini gagal memasuki orbit. Hal ini dikarenakan roket tersebut ditengarai mengalami kegagalan pembakaran di tahap ketiga.

Hal ini langsung diklarifikasi oleh pihak pembuat satelit, Thales Alenia Space yang berkantor di Prancis. Menurut pihak TAS, satelit tersebut memang mengalami kegagalan memasuki orbit. Namun saat ini mereka telah berhasil menangkap sinyal Palapa D dan para ahli TAS sedang menginvestigasi penyebab kegagalan.

Satelit Palapa D memiliki kapasitas lebih besar dibandingkan PALAPA-C2, yaitu 40 transponder yang terdiri dari 24 standar C-band, 11 extended C-Band serta 5 Ku-band, dengan jangkauan mencakup Indonesia, negara-negara ASEAN, Asia Pasifik, Timur Tengah dan Australia. Saat diluncurkan satelit PALAPA-D memiliki berat 4100 kg dan tenaga payload sebesar 6 kW.

Seperti halnya Satelit PALAPA-C2, Satelit PALAPA-D juga akan dimanfaatkan Indosat sebagai backbone untuk mendukung layanan Indosat lainnya seperti seluler, telepon tetap dan data tetap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: